Kelom Geulis Mode Tren Sandal Tradisional

Kelom, Mode Tren Sandal Tradisional  

Tim Liputan 6 SCTV

10/04/2011 12:50 | Mode

Liputan6.com, Jakarta: Sandal merupakan kelengkapan yang membuat kaki para wanita terlihat lebih cantik. Sandal yang terbuat dari kayu ini biasa disebut dengan kelom. Kerajinan kelom banyak terdapat di kawasan Jawa Barat, salah satunya di Tasikmalaya, Ahad (10/4).

Kelom Geulis

Kelom Geulis

Kelom Cantik

Kelom Cantik

jmdfurniture.in

Bagi Anda fashionista, kelom atau yang akrab dikenal dengan sebutan teklek, juga bisa menjadi referensi sebagai alas kaki. Sandal kayu ini dibuat dengan cara sederhana. Hanya dengan potongan kayu yang digambari corak flora. Seiring dengan perkembangan mode, kelom pun bersolek dengan ukiran hingga car air-brush. Penampilannya tak kalah dengan sandal buatan Negeri Pizza.

Cara membuat kelom pertama-tama kayu dipotong dan kemudian diserut sehingga berbentuk alas kaki. Kayu dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari. Selanjutnya, bahan kelom yang kering dihaluskan dengan menggunakan grinda, sehingga terlihat serat kayunya.

Kayu lalu diberi cat dasar. Pemberian cat dasar ini untuk menghilangkan pori-pori kayu. Kayu yang telah dicat kemudian dikeringkan. Setelah kering, bikin sketsa untuk gambar yang nanti akan dibuat. Setelah itu, baru kelom digambar menggunakan cat warna. Tentunya dengan cara manual, menggunakan tangan.

Selain kelom, masih adasatu lagi kerajinan Tasikmalaya yang hampir punah adalah payung geulis, payung kertas dan kain dengan motif bunga. Cukup mencengangkan, karena kini hanya tersisa 37 perajin payung tersebut dengan penghasilan ratusan ribu rupiah per tahun. Karya seni kerakyatan ini, bila diabaikan, tentu akan punah ditelan zaman. (ASW/Vin)

About these ads

Satu Tanggapan

  1. Bahkan sandalpun jadi trendcenter. Luas bener dah dunia fashion

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: