Pindah Ibukota, Tasikmalaya Bangkrut

20/07/2011 10:28 WIB

Pindah Ibukota, Kabupaten Tasikmalaya Bangkrut

Gd. DPRD Kota Tasikmalaya

Politikindonesia – Kabupaten Tasikmalaya bangkrut. Pemindahan ibukota menjadi penyebabnya. Anggaran kabupaten itu habis dipakai hanya untuk memindahkan ibukota dari Tasikmalaya ke Singaparna. Setidaknya, sudah Rp200 miliar dihabiskan. Bahkan, pemindahan ibukota tersebut masih memerlukan uang sebesar Rp500 miliar.

Demikian dikemukakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Tasikmalaya Ruhimat, Selasa (19/07). “Anggaran Kabupaten Tasikmalaya betul-betul habis dipakai untuk pemindahan pusat ibukota. Dari Kota Tasikmalaya ke Singaparna. Sementara aset yang ada di kota, tidak bisa dimanfaatkan atau dipakai untuk dana pemindahan tersebut.”

Diterangkan Ruhimat, aset Pemkab Tasikmalaya yang berada di ibukota awal, kini malah diminta oleh Kota Tasikmlaya. Bahkan oleh Undang-undang No 10/2001 tentang Pembentukan Kota Tasikmalaya, aset tersebut diisyaratkan harus diserahkan ke Kota Tasikmalaya.

Ini kan tidak adil. Masa kabupaten induk yang melahirkan kota, pulang ke kampung tidak membawa modal sama sekali. Akibatnya, Kabupaten Tasikmalaya menjadi pailit. Padahal kita masih belum melakukan belanja pembangunan lainnya, seperti fasilitas sarana dan infrastruktur,” ujar dia.

Peta Tasikmalaya

Ruhimat menjelaskan, daripada Kabupaten Tasikmalaya dinyatakan bangkrut, lebih baik ditinjau ulang UU tentang Pembentukan Kota Tasikmalaya. Namun jika tidak bisa, lebih baik ada revisi aturan tersebut sehingga tidak menimbulkan persengketaan aset berkelanjutan.

“Kalau tidak mau ditinjau ulang undang-undangnya, maka revisi bahwa aset harus dibawa ke kabupaten. Kalau tidak, kita bakal ribut terus,” pungkas dia.

(kap/rin/nis)

Satu Tanggapan

  1. Kalo belum siap ngapain buru-buru dipisahkan atuh Kang Ruhimat..apalagi sampai menimbulkan keributan !! Kalo sudah gini yang salah siapa hayo…?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: